Sukuk Lunas, Pefindo Kerek Peringkat Wijaya Karya (WIKA) Jadi idBBB-

Monday , 06 May 2024 09:38

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat Wijaya Karya (WIKA) menjadi idBBB- dari idSD. Peringkat teranyar itu, dibalut dengan prospek stabil. Tindakan pemeringkatan itu, mencerminkan sukses aksi korporasi perseroan.

Ya, perseroan telah melunasi pembayaran penuh pokok Sukuk Mudharabah I Tahap I Seri A sebesar Rp184 miliar pada 29 April 2024. Di mana, sebelumnya sukuk tersebut telah gagal dibayarkan pada 18 Desember 2023. 

Selain itu, tindakan pemeringkatan tersebut juga mencerminkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah yang diterima pada 22 April 2024 lalu. Aksi pemerintah tersebut mengindikasikan dukungan kuat pemerintah kepada perseroan saat mengalami kesulitan keuangan. 

Pada saat bersamaan, Pefindo juga menaikkan peringkat Obligasi Berkelanjutan (SR) I, II, III WIKA menjadi idBBB- dari idCCC and SR Sukuk Mudharabah I, II, III menjadi dBBB-(sy) dari idCCC(sy). Perseroan berdiri pada 1961, merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi Indonesia.

Perusahaan mencakup segmen investasi, realty & property, infrastruktur & gedung, energi & industrial plant, dan industri. Per 31 Desember 2023, pemegang saham perusahaan yaitu Pemerintah Indonesia 65,05 persen, dan publik 34,95 persen.